Deskripsi Program
Kebanyakan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah tidak memiliki cukup pengetahuan mengenai cara mengembangkan bisnis. Mereka pun hanya fokus terhadap pengelolaan tanpa berusaha meningkatkan kualitas toko bahkan pengembangannya. Akibatnya, banyak toko saat ini yang berdaya saing rendah, produk kurang, hingga sepi dari pelanggan.
Dengan mengikuti pelatihan ini, anda akan mendapatkan landasan dalam memulai dan mengembangkan usaha, dasar-dasar memulai usaha, teknik pemasaran, serta pengembangan usaha melalui pelayanan terbaik.
Dibawakan oleh tenaga instruktur yang sudah berpengalaman dibidangnya, Anda akan diajak mengikuti kelas dengan ragam diskusi untuk meningkatkan kompetensi menjadi pemilik toko yang lebih mahir sehingga anda bisa menghadapi tantangan dalam pengembangan usaha kedepannya.
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta mampu menampilkan penguasaan minimal 75% dalam membuat perencanaan untuk memulai usaha toko perdagangan dan mengembangkan usaha toko pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti pelatihan;
- Peserta mampu memeriksa jenis toko yang sesuai
- Peserta menunjukkan sikap yang sesuai dalam memulai usaha toko perdagangan
- Peserta mampu membuat taktik pemasaran untuk mendorong Pencapaian Target Penjualan Pada Gerai Ritel
- Peserta mampu melakukan teknik pemasaran untuk pengembangan usaha
- Peserta mampu membangun budaya pelayanan ritel
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Jenis Toko dan Prospek Industri Bagi Pemilik Toko (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu menentukan jenis toko yang sesuai
- Peserta memahami kompetisi dalam dunia usaha
- Peserta memahami barang-barang yang di jual di toko
- Sesi 2 Landasan Dalam Memulai dan Mengembangkan Usaha (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta memiliki sikap yang sesuai dalam memulai usaha toko perdagangan
- Peserta memiliki kemampuan memperluas / memperluas kemungkinan keberhasilan dalam membuat toko lebih berkembang
- Sesi 3 Dasar-Dasar Memulai Usaha (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu membuat taktik pemasaran untuk mendorong Pencapaian Target Penjualan Pada Gerai Ritel
- Peserta memiliki kemampuan untuk mengenali keunggulan produk
- Peserta memahami cara pengelolaan keuangan untuk mengembangkan toko
- Sesi 4 Teknik Pemasaran untuk Pengembangan Usaha (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu melakukan teknik pemasaran untuk pengembangan usaha
- Peserta mampu mengikuti tahapan dalam menangani keberatan pelanggan
- Sesi 5 Pengembangan Usaha Melalui Pelayanan Terbaik (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu mengembangkan budaya pelayanan ritel
- Peserta mampu mengikuti tahapan dalam melakukan pelayanan untuk memberikan kepuasan pelanggan
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
- Menggunakan konsep dasar dalam memulai usaha
- Cara membandingkan keunggulan produk dan memahami kelemahan kompetitor
- Dasar-dasar penyelesaian masalah untuk mengembangkan toko
- Prinsip-prinsip utama dalam mutu pelayanan pelanggan termasuk harapan pelanggan, kenyamanan berbelanja, pengalaman berbelanja.
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Kritis terhadap faktor internal dan eksternal yang berada disekitar lingkungan usaha
- Teliti dan detail membuat rencana pencapaian target penjualan
- Proaktif melakukan perbaikan toko agar bisa lebih berkembang
- Patuh terhadap kebijakan citra gerai dan perusahaan
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Menyusun analisa untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi penjualan, strategi penjualan yang sedang berjalan dan kinerja gerai
- Membangun komunikasi efektif kepada seluruh pemangku kepentingan dan pelanggan
- Mengikuti teknik bertanya dan mendengarkan aktif untuk menggali ide, saran, dan masukan dari pemangku kepentingan
- Membuat analisa dan kajian standar pelayanan pelanggan yang sedang berjalan
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya
1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
2. Masyarakat umum yang memiliki toko atau ingin memiliki toko
3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan
4. Pendidikan minimal SD atau setara
5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
6. Jarak: 0-50km dari Jakarta
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.
Fasilitator Program
Nada Gerandini telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak di bidang fashion sebagai pemilik Naadine.co dan Hijraa. Usahanya telah membantu para penjahit lokal untuk bisa berkembang. Selain itu, Nada juga aktif membantu para UMKM di Indonesia seperti mahasiswa, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sawahlunto Sumatera Barat, Platform Pasar Online Cimahi, PT Bisa Ternak (Phokpand Partner), dan lainnya untuk dapat menjalankan usahanya, mendapatkan investor dan mengkekspor poduknya ke kancah internasional. Kini, ia aktif membagikan pengalamannya dalam mengembangkan usaha.