Error: Your upload path is not valid or does not exist: /var/www/sites/2023.trainingmarket.id/html/wp-content/uploads Menjadi Penjaga Toko (shopkeeper) Yang Handal Dengan Mengetahui Dasar Mengelola Toko 15 Mei – 20 Mei 2023 14:30 – 17:30 – TrainingMarket.id

Menjadi Penjaga Toko (shopkeeper) Yang Handal Dengan Mengetahui Dasar Mengelola Toko 15 Mei – 20 Mei 2023 14:30 – 17:30

Current Status
Not Enrolled
Price
Rp1.500.000
Get Started

Deskripsi Program

Penjaga toko merupakan salah satu bidang pekerjaan dengan peluang kerja yang besar dan bisa dilakukan oleh siapa saja apabila memahami dasar nya dengan baik. Mempelajari dasar mengelola toko sangat penting bagi Anda yang akan terjun di dunia toko agar bisa mengelola toko dan menjual produk baik barang maupun jasa dengan efektif dan efisien.

Program ini dirancang khusus untuk Anda yang tengah mempersiapkan karir sebagai penjaga toko. Disini kita tidak hanya membahas tentang bagaimana cara mengelola toko dengan baik, tapi juga menjual produk kepada konsumen yang tepat

Setelah mengikuti program ini, Anda akan mampu meningkatkan kompetensi untuk menjadi penjaga toko yang lebih mahir sehingga diharapkan anda bisa mendapat pekerjaan sebagai toko, dan mengembangkan karir anda sebagai penjaga toko

 

Tujuan Pelatihan

Tujuan Pelatihan (Umum)

Peserta mampu menampilkan penguasaan minimal 75% terhadap teknik pembuatan strategi pengelolaan toko dan penjualan produk pada saat unjuk keterampilan.

Tujuan Pelatihan (Khusus)

  • Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
    1. Melakukan fungsi dan peran dasar seorang penjaga toko
    2. Menganalisa pelanggan yang potensial dan mampu memprioritaskannya
    3. Merekomendasikan Produk dan Jasa untuk Meningkatkan Nilai Transaksi Pelanggan
    4. Melakukan Kegiatan Pemajangan Barang Dagangan (Display)
    5. Merencanakan Tingkat Persediaan Barang
    6. Menerapkan langkah-langkah menjaga kepuasan pelanggan

 

Durasi Pelatihan

  1. Sesi 1: Perkenalan tentang karir sebagai penjaga toko Serta melakukan riset konsumen (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu melakukan fungsi dan peran dasar seorang penjaga toko
  • Peserta mampu menganalisa pelanggan yang potensial dan mampu memprioritaskannya
  • Peserta memahami karakteristik target konsumen
  1. Sesi 2: Merekomendasikan Produk dan Jasa untuk Meningkatkan Nilai Transaksi Pelanggan (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu merekomendasikan Produk dan Jasa untuk Meningkatkan Nilai Transaksi Pelanggan
  • Peserta memiliki kemampuan untuk menghadapi konsumen yang mengajukan keberatan
  1. Sesi 3: Melakukan Kegiatan Pemajangan Barang Dagangan (Display), dan tampil sebagai penjaga toko profesional (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu dan memiliki inisiatif untuk membuat toko / booth pameran terlihat rapi dan menarik
  • Peserta mampu melakukan Kegiatan Pemajangan Barang Dagangan (Display)Peserta mampu menarik perhatian pelanggan dengan teknik AIDA
  • Peserta memiliki keterampilan untuk tampil rapi dan profesional di depan konsumen
  1. Sesi 4: Merencanakan Tingkat Persediaan Barang serta membuat laporan harian sederhana untuk pemilik toko. (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu mengelola inventory toko dengan baik dan aman
  • Peserta mampu merencanakan Tingkat Persediaan Barang
  1. Sesi 5: Membuat database pelanggan dan Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan (180 menit)
    Tujuan sesi:
  • Peserta mampu Menerapkan langkah-langkah menjaga kepuasan pelanggan
  • Peserta bisa mendapatkan data calon pelanggan potensial untuk dihubungi lebih lanjut
  • Peserta memiliki pola pikir yang baik sebagai seorang peraga penjual yang profesional

Total durasi 900 menit

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNISI)

  • Teknik menjual

  • Dasar dasar manajemen inventori sederhana

  • Teknik menutup penjualan

  • Standar visual merchandising

  • Pengendalian persediaan

SIKAP KERJA (AFEKSI)

  • Proaktif belajar dan menggali informasi mengenai produk dan jasa, fitur, keunggulan dan manfaat

  • Cermat mengidentifikasi preferensi pelanggan dan memastikan motif membeli pelanggan

  • Sopan dan bersahabat melayani pelanggan

  • Inisiatif membersihkan, merapikan, mengganti, menata display

  • Teliti dalam menghitung persediaan dan stok

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

  • Menerapkan langkah langkah menjual produk

  • Memastikan toko/ booth fisik terlihat baik

  • Menampilkan komunikasi efektif dalam merekomendasikan produk dan jasa, dan menyampaikan solusi

  • Mengidentifikasi tanda-tanda (signal) pembelian dari pelanggan

  • Menghitung kebutuhan persediaan untuk perencanaan pembelian

Metode Ajar

Daring

Kelompok Sasaran

Kelas ini dapat diikuti oleh pemula (Fresh Graduate S1, Lulusan SMA maupun Lulusan SMK), orang yang bekerja atau ingin bekerja di pertokoan.

Persyaratan:

  1. Lulusan SMA / Sederajat
  2. Berusia diatas 18 Tahun
  3. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
  4. Masyarakat umum yang sedang mencari pekerjaan
  5. Pengaja toko / counter dengan pengalaman kurang dari 1 tahun yang ingin meningkatkan keterampilannya
  6. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan

 

Lembaga Pelatihan

MDIMDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 29 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.  

Fasilitator Program

Arif Hidayat, S. S telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai praktisi UMKM yang bergerak dibidang kuliner sebagai pemilik Bunda Zahir’s Corner dan telah membantu berbagai UMKM di Indonesia seperti Somay LeeLoo, DutaPisang, TomaTomi dan masih banyak lagi. Selain aktif di dunia UMKM, Arif Hidayat juga aktif sebagai penulis buku yang berjudul Jodoh Pasti Bertemu dan How to build a billionaire dollar Startup.

Course Content

Expand All
× Butuh bantuan?