Deskripsi Program
Dimanapun ada aktivitas promosi, hampir dapat dipastikan penjual pintu ke pintu selalu hadir.
Menjadi penjual pintu ke pintu yang professional sangat lah penting, karena tugas nya sebagai garda terdepan perusahaan yang memastikan kelangsungan perusahaan itu sendiri. Sering kali penjual pintu ke pintu yang profesional mendapatkan komisi penjualan yang mencapai jutaan rupiah.
Diera yang super kompetitif ini, penjual pintu ke pintu harus meningkatkan kemampuannya agar bisa bersaing dengan kompetitor maupun dengan penjual pintu ke pintu lainnya. Beberapa kompetensi yang akan dibahas dalam modul ini adalah kemampuan untuk menjadi pribadi yang profesional, kemampuan dasar untuk menjadi penjual pintu ke pintu yang profesional, negosiasi.
Dengan pelatihan ini, anda akan menjadi penjual pintu ke pintu profesional yang cakap dan mampu bersaing di dunia pekerjaan penjualan yang sangat kompetitif dan mencapai target perusahaan.
Program ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik dengan dunia penjualan dan ingin mengembangkan potensi yang Anda miliki didalam dunia penjualan khususnya sebagai seorang penjual pintu ke pintu
Tujuan Pelatihan
Tujuan Pelatihan (Umum)
Peserta mampu menampilkan penguasaan minimal 75% terhadap keterampilan penjualan secara komunikatif pada saat praktek main peran (roleplay) di sesi unjuk keterampilan
Tujuan Pelatihan (Khusus)
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
- Melakukan peran dan fungsi penjual pintu ke pintu
- Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan
- Melakukan penyesuaian gaya komunikasi yang tepat di situasi yang tepat
- Melaksanakan komunikasi efektif
- Melaksanakan keterampilan penjualan
- Merespons keberatan pelanggan dengan efektif
- Mendemonstrasikan langkah-langkah mendapatkan komitmen pembelian (closing)
Durasi Pelatihan
- Sesi 1 Peran penjual pintu ke pintu Profesional (120 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu memahami peran dan fungsi penjual pintu ke pintu
- Peserta mampu menyatakan pandangan positif tentang profesi penjual pintu ke pintu
- Peserta mampu melakukan penyesuaian gaya penjualan yang tepat di situasi yang tepat
- Sesi 2 Menjual secara efektif dengan memahami perencanaan penjualan (60 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan
- Peserta mampu melaksanakan pengelolaan waktu
- Peserta mampu menentukkan prioritas pekerjaan dalam satu hari
- Peserta mampu membuat daftar dan target pekerjaan harian
- Sesi 3 Riset pelanggan dan membuat sasaran penjualan (60 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta melakukan penyesuaian gaya komunikasi yang tepat di situasi yang tepat
- Peserta mampu menguraikan informasi yang relevan untuk riset pelanggan
- Peserta mampu membuat ulang sasaran penjualan dengan konsep SMART goal
- Sesi 4 Komunikasi Efektif dengan pelanggan (120 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta Mampu melaksanakan komunikasi efektif
- Peserta mampu melakukan penyesuaian gaya komunikasi yang tepat di situasi yang tepat
- Peserta mampu menjelaskan cara-cara menarik perhatian pelanggan ketika dalam proses penjualan daring dan luring
- Peserta mampu melengkapi pertanyaan yang dapat memancing jawaban pelanggan
- Peserta mampu melaksanakan penggalian kebutuhan (probing) terhadap calon pelanggan potensial
- Sesi 5 Melaksanakan keterampilan penjualan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu melaksanakan keterampilan penjualan
- Peserta mampu membuat ulang manfaat dari produk dan jasa yang ditawarkan untuk digunakan dalam proses penjualan
- Peserta mampu melaksanakan komunikasi efektif dengan menjelaskan manfaat produk berdasarkan sudut pandang pelanggan
- Sesi 6 Menjawab keberatan dengan profesional (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu merespons keberatan pelanggan dengan efektif
- Peserta mampu menggunakan berbagai teknik menjawab keberatan dari pelanggan ketika proses penjualan
- Sesi 7 Menutup penjualan dan menjaga hubungan dengan pelanggan (180 menit)
- Tujuan sesi:
- Peserta mampu mendemonstrasikan langkah-langkah mendapatkan komitmen pembelian (closing)
- Peserta mampu bereaksi yang sesuai untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan Menutup penjualan dan menjaga hubungan dengan pelanggan
- Peserta mampu mengidentifikasi waktu dan tanda-tanda (verbal dan nonverbal) yang tepat untuk penutupan penjualan
Total durasi 900 menit
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
Konsep komunikasi bisnis
- Konsep komunikasi bisnis
- Metode pengelolaan waktu
- Konsep keterampilan penjualan
- Cara menggali kebutuhan (probing) terhadap calon pelanggan potensial
- Langkah penanganan terhadap keberatan pelanggan
SIKAP KERJA (AFEKSI)
- Sikap cekatan dalam melakukan adaptasi dengan gaya komunikasi tiap pembeli
- Kritis mengidentifikasi gaya komunikasi pelanggan
- Giat dalam menjalankan tugas harian di bidang penjualan
- Perhatian pada detail elemen-elemen keterampilan menjual
- Jeli dalam membedakan keunggulan produk sendiri dan keunggulan produk kompetitor
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
- Merespons model gaya komunikasi seorang pelanggan
- Merespon pelanggan dengan komunikasi verbal dan non verbal
- Membuat rencana aktifitas penjualan
- Membuat ulang analisa fitur dan manfaat dari produk dan jasa yang dijual
- Mengikuti langkah-langkah menangani keberatan pelanggan
Metode Ajar
Daring
Kelompok Sasaran
Syarat dan Ketentuan Lainnya
1. Memahami Bahasa Indonesia dengan Baik
2. Masyarakat umum yang menjadi penjual pintu ke pintu
3. Memiliki Handphone dan koneksi internet untuk mengikuti pelatihan”
4. Pendidikan minimal SD atau setara
5. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
6. Jarak: 0-50km dari Jakarta
Lembaga Pelatihan
MDI Tack Training adalah perusahaan pelatihan yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. MDI telah dipercaya oleh lebih dari 1000 profesional di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya. Program kami sangat praktis dan tentunya dapat membantu anda dalam mengembangkan kemampuan anda sebagai profesional.